Oleh: s1064363 | November 5, 2008

Teknik Pembuatan Kuesioner

Teknik Pembuatan Kuesioner

Istilah Penting:

*Kuesioner: Kuesioner adalah instrumen pengumpulan data atau informasi yang dioperasionalisasikan ke dalam bentuk item atau pertanyaan.

*Infomasi Demografik: Informasi demografik adalah informasi tentang karakter atau latar belakang responden yang dapat berupa tempat, usia, status ekonomi,   tingkat pendidikan, status sosial dan lain-lain sebagainya. Informasi semacam itu sangat membantu dalam memahami data penelitian.

*Subyek: Subyek penelitian adalah orang yang dilibatkan dalam memberikan informasi yang dibutuhkan terkait dengan pertanyaan penelitian. Manipulasi: Manipulasi   adalah perlakuan yang diberikan kepada subyek studi dalam penelitian yang bersifat eksperimental atau quasi-eksperimental dalam penelitian sosial.

*Sampel Populasi: Sampel populasi adalah beberapa responden yang dipilih dengan teknik tertentu dari kelompok populasi tertentu untuk mewakili populasi secara   keseluruhan. Ini dimaksudkan untuk menghemat beban dana penelitian.

*Survei: Survei adalah salah satu pendekatan penelitian kuantitatif yang pada dasarnya dilakukan pada satu kesempatan tertentu guna mendapatkan gambaran   minimal tentang suatu fenomena sosial atau alam.

*Skor Kontinus: Skor kontinus adalah salah satu skala bilangan yang digunakan dalam memberi kode terhadap respon pilihan dalam pertanyaan kuesioner. Selain   skor kontinus, ada skor nominal dan kategorik.

Hampir semua penelitian menuntut Anda untuk memperoleh informasi dari subyek atau responden Anda. Proses ini dapat melibatkan beberapa aktivitas, seperti pengumpulan informasi demografik dari subyek sebelum melibatkan mereka dalam beberapa manipulasi eksperimental. Proses ini bisa juga melibatkan aktivitas mendesain sebuah survei secara ekstensif untuk didistribusikan kepada sampel populasi. Kuesioner yang direncanakan dan didesain dengan cara yang kurang baik tidak akan memberikan data yang baik untuk menjawab pertanyaan penelitian. Oleh karena itu, dalam mempersiapkan kuesioner ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda harus mempertimbangkan bagaimana cara Anda menggunakan informasi yang akan diperoleh. Anda harus mengetahui persisi statistik apa yang Anda akan gunakan. Bergantung pada jenis statistik yang akan Anda gunakan, Anda mungkin perlu mengajukan pertanyaan dalam cara tertentu atau menyiapkan format respon yang tepat. Bagian ini akan menguraikan secara singkat desain kuesioner. Sebab itu, Anda disarankan untuk membaca buku-buku lain yang secara khusus mengulas masalah teknik desain kuesioner

Pembuatan Kuesioner yang baik:

•Ada petunjuk jelas mengenai maksud diberikannya kuesioner
•Ada petunjuk jelas mengenai cara pengisian kuesioner
•Menggunakan kalimat yang mudah dimengerti dan tidak bias arti
•Menghindari pertanyaan yang tidak jelas, tidak perlu dan tidak relevan
•Menghindari pertanyaan yang sugestif, bernada menekan/mengancam dll
•Menggunakan urutan pertanyaan yang logis dan sistematis
•Merahasiakan identitas responden agar  responden obyektif dalam menjawab

About these ads

Responses

  1. halooo….
    permisi ya..
    aku mau kasih comment nich…
    kok tulisannya masih acak-acakan ya?coba kmu tulis da notepad ya.biar lebih rapiii
    makasih


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: